Rabu, 27 Januari 2010

Jenis dan Karakteristik Media

A.Taksonomi

Dalam pengertian teknologi pendidikan, media atau bahan sebagai sumber belajar merupakan komponen dari sistem instrusional di samping pesan, orang, teknik dan peralatan. Dari usaha penataan yang timbul yaitu pengelompokan atau klasifikasi menurut kesamaan atau karakteristiknya. Beberapa contoh usaha ke arah taksonomi media tersebut antara lain :

1)Taksonomi menurut Rudy Bretz

Bertz mengidentifikasikan ciri utama dari media menjadi tiga unsur pokok, yaitu : suara, visual dan gerak. Visual dibedakan menjadi tiga yaitu garis ( line graphic ) dan simbol yang merupakan suatu kontinum dari bentuk yang dapat ditangkap dengan indra penglihatan. Bretz juga membedakan antara media siar ( telecommunication ) dan media rekam ( recording )sehingga terdapat 8 klasifikasi media, yaitu :


☼ Media audiovisual gerak
☼ Media audiovisual diam
☼ Media audio semi-gerak
☼ Media visual gerak
☼ Media visual diam
☼ Media semi-gerak
☼ Media audio
☼ Media cetak

2) Hirarki media menurut Duncan

Dalam penyusunan taksonomi media menurut hirarki pemanfaatan untuk pendidikan, Duncan ingin mensejajarkan biaya investasi, kelangkaan dan keluasan lingkup sasarannya disatu pihak dan kemudahan pengadaan serta penggunaan, keterbatasan lingkup sasaran dan rendahnya biaya di lain pihak dengan tingkat kerumitan perangkat medianya dalam satu hirarki.

3) Taksonomi menurut Briggs

Briggs mengidentifikasi 13 macam media yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar, yaitu :
☼ Obyek
☼ Model
☼ Suara langsung
☼ Rekaman audio
☼ Media cetak
☼ Pembelajaran terprogram
☼ Papan tulis
☼ Media transparansi
☼ Film rangkai
☼ Film bingkai
☼ Film
☼ Televisi
☼ Gambar

4) Taksonomi menurut Gagne

Gagne membuat 7 macam pengelompokan media yaitu :
☼ Benda untuk didemontrasikan
☼ Komunikasi lisan
☼ Media cetak
☼ Gambar diam
☼ Gambra gerak
☼ Film bersuara
☼ Mesin belajar

5) Taksonomi menurut Edling

Menurut Edling media merupakan bagian dari enam unsur rangsangan belajar, yaitu dua untuk pengalaman audio meliputi kodifikasi subyektif visual dam kodifikasi obyektif audio, dua untuk pengalaman visual meliputi kodifikasi obyektif audio dan kodifikasi obyektif visual dan dua pengalaman belajar 3 dimensi meliputi pengalaman langsung dengan orang dan pengalaman langsung dengan benda-benda.

6) Pengelompokan menurut Schramm ( 1977 )

Schramm membedakan media menjadi media rumit dan mahal ( big media ) dan media sederhana dan murah ( little media ). Ia juga mengelompokan media menurut daya liputnya menjadi media massal, media kelompok dan media individual.

7) Pengelompokan menurut Allen

Allen berusaha menghubungkan fungsi media dengan tujuan belajar yang hendak dicapai.

B. Karakteristik

Karakteristik media dapat dilihat menurut kemampuan membangkikan rangsangan indera penglihatan, pendengaran, perabaan, pengecaoan, maupun penciuman atau kesuaiannya dengan tingkatan hierarki belajar. Untuk tujuan praktis karakteristik beberapa jenis media yang lazim digunakan dalam kegiatan belajar mengajar antara lain :
1. Media grafis
Media grafis berfungsi menyalurkan pesan dari sumber ke penerima. Saluran yang dipakain menyangkut indera penglihatan. Pesan yang akan dismapaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi visual. Beberapa jenis media grafis antara lain :

Gambar / foto
Kelebihan media gambar :
1. Sifatnya konkret
2. gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu
3. dapat mengatasi batasan pengamatan
4. dapat menperjelas suatu masalah
5. harganya murah dan gampang didapat
Kelemahan media gambar :
1. hanya menekankan persepsi indea mata
2. benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran
3. ukurannya sangat terbatas

Syarat - syarat media gambar / foto yang baik digunakan sebagai media pendidikan :
1. Autentik
2. Sederhana
3. Ukuran relatif
4. Mengandung gerak atau perbuatan
5. Gambar dapat mencapai tujuan
6. Gambar harus bagus dari sudut seni dan sesuai denga tujuan pembelajaran.

Sketsa
Sketsa adalah gambar yang sederhana atau draft kasar yang melukiskan bagan-bagan pokoknya tanpa detail. Sketsa dapat dibuat secara cepat sementara guru menerangkan dapat pula dipakai untuk tujuan tersebut.

Diagram
Sebagai suatu gambar sederhana yang menggunakan garis-gasris dan simbol-simbol, diagram atau skema menggambarkan struktur dan obyek secara garis besar. Beberapa ciri diagram yang perlu diketahui :
1. Diagram dapat bersofat simbolis dan abstrak sehingga kadang-kadang sulit dimengerti.
2. Untuk dapat membaca diagram seorang harus mempunyai latar belakang tentang apa yang didiagramkan.
3. Walaupun sulit dimengerti, karena sifatnya yang padat, diagram dapat memperjelas arti.
Diagram yang baik sebagai media pendidikan adalah yang :
1. Benar, digambar rapi, diberi titel, label dan penjelasan-penjelasan yang perlu.
2. Cukup besar dan ditempatkan secara strategis
3. Menyusunnya disesuaikan dengan pola membaca yang umum satu dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.

Bagan / chart
Bagan atau chart ternasuk media visual. Fungsinya yang pokok adalah menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila hanya disampaikan secara tertulis atau lisan secara visual. Sebagai media yang baik, bagan haruslah :
1. dapat dimengerti anak
2. sederhana dan lugas, tidak rumit atau berbeli-belit
3. diganti pada waktu-waktu tertentu agar selain tetap up to date juga tak kehilangan daya traik.

Grafik ( graph )
Sebagai suatu media visual grafik adalah gambar sederhana yang menggunakan titik-titik , garis atai gambar. Fungsi grafik adalah untuk menggambarkan data kuantitatif secara teliti, menerangkan perkembangan atau perbandingan sesuatu obyek atau peristiwa yang saling berhubungan secara singkat dan jelas. Beberapa manfaat / kelebihan grafik sebagai media :
1. Grafik bermanfaat sekali untuk mempelajari dan mengingat data-data kuantitattif dan hubungan-hubungannya.
2. Grafik dengan cepat memungkinkan kita mengadakan analisa, interpretasi dan perbandingan antara data-data yang disajikan baik dalam hal ukuran, jumlah, pertumbuhan dan arah.
3. Penyajian data grafik jelas, cepat, menarik, ringkas dan logis.

Syarat-syarat grafik sebagai media pendidikan :
1. jelas untuk dilihat oleh seluruh kelas
2. hanya menyajikan satu ide setiap grafik
3. ada jarak/ruang kosong antara kolom-kolom bagiannya
4. warna yang digunakan kontras dan harmonis
5. berjudul dan ringkas
6. sederhana ( simplicity )
7. mudah dibaca ( legibility )
8. praktis, mudah diatur ( manageability )
9. menggambarkan kenyataan ( realisme )
10. menarik ( attractiveness )
11. jelas dan tak memerlukan informasi tambahan ( appropiateness )
12. teliti ( accuracy )

Macam-macam grafik :
1. Grafik garis ( line graph )
2. Grafik batang
3. Grafik lingkaran ( circle graph atau pie graph )
4. Grafik gambar ( pictorial graph )

Kartun
Kartun adalah suatu gambar komunikasi grafis yang interpretatif dan menggunakan simbol-simbol untuk menyampaikan sesuatu pesan secara cepat dan ringkas atau sesuatu sikap terhadap orang situasi, atau kejadian-kejadian tertentu.

Poster
Syarat-syarat poster yang baik :
1. Sederhana
2. menyajikan satu ide untuk mencapai satu tujuan pokok
3. berwarna
4. slogannya ringkas dan jitu
5. tulisannya jelas
6. motif dan desain bervariasi

Peta dan globe
Peta dan globe berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi. Secara khusus memberikan informasi tentang :
1. keadaan permukaan bumi, daratan, sungai-sungai, gunung dan bentuk-bentuk daratan serta peraiaran lainnya.
2. tempat-tempat serta arah dan jarak dengan tempat yang lain
3. data-data budaya dan kemasyarakatan seperti populasi atau pola bahasa/adat istiadat
4. data-data ekonomi, seperti hasil pertanian, industri atau perdagangan internasional.

Kelebihan peta dan globe dipakai sebagai media pendidikan :
1. memungkinkan siswa mengerti posisi dan kesatuan politik, daerah, kepulauan dan lain-lain.
2. merangsang minat siswa terhadap penduduk dan pengaruh-pengaruh geografis.
3. memungkinkan siswa memperoleh gambaran tentang imigrasi dan distribusi penduduk, tumbuh-tumbuhan dan kehidupan hewan, serta bentukbumi yang sebenarnya.

Papan flanel / flanel board
Papan flanel adalah media grafis yang efektif untuk menyajikan pesan-pesan tertentu kepada sasaran tertentu.

Papan buletin ( bulletin board )
Papan buletin langsung ditempeli dengan gambar-gambar atau tulisan-tulisan, berfungsi menerangkan sesuatu, memberitahukan kejadian dalam waktu tertentu.

2. Media Audio

Media audio berkaitan dengan indera pendengaran. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam lambang-lambang auditif, baik verbal maupun non verbal. Beberapa jenis media audio antara lain :

a. Radio

Radio mempunyai beberapa kelebihan, yaitu :
1. harganya relatif murah dan variasi programnya lebih banyak daripada TV.
2. sifatnya mudah dipindahkan ( mobile )
3. jika digunakan bersama-sama alat perekam radio bisa mengatasi problem jadwal.
4. dapat mengembangkan imajinasi anak
5. dapat merangsang partisipasi aktif pendengar
6. dapat memusatkan perhatian pada kata-kata, bunyi dan artinya.
7. siaran lewat suara terbukti tepat/cocok untuk mengajarkan musik dan bahasa.
8. dapat mengerjakan hal-hal tertentu secara lebih baik
9. mengatasi ruang dan waktu jangkauannya luas.

Kelemahan media radio antara lain :
1. sifat komunikasinya hanya satu arah
2. biasanya sisran disentralisasikan sehingga guru tak dapat mengontrol
3. penjadwalan pelajaran dan siaran sering menimbulkan masalah.

b. Alat perekam pita magnetik

Disebut juga magnetic tape recording adalah salah satu media pendidikan yang tak dapat diabaikan untuk menyampaikan unformasi, karena mudah menggunakan. Beberapa kelebihan alat perekam :
1. selain merekam, menampilkan rekaman dan menghapusnya.
2. dapat diputar berulang-ulang tanpa mempengaruhi volume
3. rekaman dapat dihapus secara otomatis dan pitanya dapat dipakai lagi
4. dapat digunakan sesuai jadwal yang ada
5. dapat menyajikan kegiatan-kegiatan
6. menimbulkan berbagai kegiatan ( diskusi, dramatisasi dan lain-lain )
7. memberikan efisiensi dalam pelajaran bahasa

kelemahan-kelemahannya sebagai berikut :
1. daya jangkaunya terbatas
2. biaya pengadaannya mahal bila untuk sasaran yang banyak.

c. Laboratorium bahasa

Laboratorium bahasa adalah alat untuk melatih siswa mendengar dan berbicara dalam bahasa asing dengan cara menyajikan materi pelajaran yang disiapkan sebelumnya.

3. Media Proyeksi Diam

a. Film bingkai

Film bingkai adalah suatu film berukuran 35 mm, yang biasanya dibungkus bingai berukuran 2 x 2 inci terbuat dari karton atau plastik. Ada juga yang berukuran eversized (2 x 2 inci) dan lantern ( 3 x 4 inci ). Beberapa keuntungan penggunaan film bingkai sebagai media pendidikan antara lain :
1. materi pelajaran yang sama dapat disebarkan ke seluruh siswa secara serentak.
2. perhatian anak-anak dapat dipusatkan.
3. fungsi berfikir dirangsang dan dikembangkan
4. berada di bawah kontrol guru
5. baik untuk menyajikan berbagai bidang
6. penyimpanan sangat mudah
7. dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan indera.
8. dapat menjadi media yang sangat efektif
9. mudah direvisi/diperbaiki, baik visual mauoun audionya
10. media yang relatif sederhana/mudah
11. program dibuat dalam waktu singkat.

Kelemahan film bingkai :
1. gambar-gambar mudah dilepas dan mudah hilang
2. hanya mampu menyajikan obyek-obyek secara diam.
3. penggunaan slide selalu menggunakan ruang gelap
4. pembuatan jauh lebih mahal


b. Film rangkai

Film rangkai memiliki dua ukuran gambar yaitu gambar unggal ( single frame ) dengan ukuran ¾ x 1 inci dan gambar ganda ( double frame ) dengan ukuran 1 ½ x 1 inci. Kelebihan film rangkai sebagai media pendidikan :
1. kecepatan penyajian dapat diatur
2. semua kelebihan non projected still picture dimiliki film rangkai
3. dapat mempersatukan berbagai media
4. cocok untuk mengajarkan keterampilan
5. urutan gambar sudah pasti
6. penyimpanannya mudah
7. produksi dalam jumlah besar relatif mudah
8. dapat untuk belajar kelompok
c. Media transparansi

Disebut juga OHT ( overhead transparancy ) atau dengan nama perangkat kerasnya OHP ( overhead projector ) yaitu media visual proyeksi yang dibuat di atas bahan transparan biasanya film acetate atau plastik. Kelebihan media transparansi antara lain :
1. Gambar yang diproyeksikan lebih jelas.
2. guru sambil mengajar dapat berhadapan dengan siswa
3. benda-benda kecil dapat diproyeksikan dengan meletakkan di atas OHP
4. memungkinkan penyajian diskriminasi warna dan menarik minat siswa
5. tak memerlukan tenaga bantuan operator
6. lebih sehat
7. praktis dapat digunakan untuk semua ukuran ruangan
8. menghemat tenaga dan waktu
9. dibawah kontrol guru
10. dapat dipakai sebagai petunjuk sistematika penyajian guru.
11. dapat menstimulasi efek gerak yang sederhana

Beberapa kelemahan / keterbatasan media transparansi antara lain :
1. memerlukan peralatan khusus OHP
2. memerlukan waktu, usaha dan persiapan yang baik
3. menuntut cara kerja yang sistematis
4. siswa cenderung pasif.

d. Proyektor tak tembus pandang ( opaque projector )

Proyektor tembus pandang adalah alat untuk memproyeksikan bahan bukan transparan, tetapi bahan-bahan tidak tembus pandang ( opaque). Kelebihan proyektor tak tembus pandang ialah :
1. dapat digunakan untuk hampir semua bidang studi
2. dapat memperbesar benda kecil menjadi sebesar papan

e. Mikrofis

Mikrofis atau microfiche adalah lembaran film transparan terdiri dari lambang-lambang visual ( grafis maupun verbal) yang diperkecil sedemikian rupa sehingga tak dapat dibaca dengan mata telanjang. Keuntungan mikrofis adalah :
1. mudah di copy cetak dan dipublikasikan dengan biaya relatif murah
2. bisa diproyeksikan ke layar lebar
3. ringkas, hemat dan praktis untuk dikirim
4. informasi kepustakaan yang terletak dibagian atas lembaran mudah diidentifikasi.

Kelamahannya antara lain :
1. pembuatan masterna mahal
2. mudah hilang
3. sulit memfilenya



f. Film

Film merupakan media yang amat besar kemampuannya dalam membantu proses, belajar mengajar. Keunggulan media film sebagia berikut :
1. suatu denominator yang umum
2. sangat bagus menerangkan suatu proses
3. dapat menampilkan kembali masa lalu dan menyajikannya
4. dapat mengembara dengan lincah dari suatu ke negara lain
5. dapat menyajikan teori dan praktek
6. dapat menggunakan teknik-teknik seperti warna, gerak lambat, animasi dsb.
7. memikat perhatian anak
8. dapat mengatasi keterbatasan daya indera
9. dapat merangsang atau memotivasi kegiatan anak

g. Film gelang ( film loop )

Film gelang adalah jenis media yang terdiri dari film berukuran 8 mm atau 16 mm yang ujung-ujung saling bersambung, sehingga film ini akan berputar terus berulang-ulang kalau tidak dimatikan. Kelebihan film gelang antara lain :
1. ruangan tak perlu digelapkan
2. dapat berputar terus berulang-ulang
3. baik sekali untuk menunjukkan suatu periode yang pendek.
4. mudah diintegrasikan ke pelajaran
5. siswa dapat memakai sendiri
6. dapat dihentikan setiap saat

h. Televisi ( TV )

Televisi adalah media yang menyampaikan pesan-pesan pembelajaran secara audio-visual dengan disertai unsur gerak. Kelebihan televisi adalah :
1. TV dapat menerima, menggunakan dan mengubah atau membatasi semua bentuk media lain.
2. merupakan medium yang menarik
3. dapat memikat perhatian sepenuhnya
4. mempunyai realitas dari film
5. sifatnya langsung dan nyata
6. horison kelas dapat diperlebar
7. hampir semua mata pelajaran dapat di-TV-kan
8. dapat meningkatkan pengetahuan

Keterbatasan media TV :
1. harga TV relatif mahal
2. sifat komunikasinya satu arah
3. jadwal siaran dan jadwal pelajaran seringkali sulit disesuaikan
4. program diluar kontrol guru
5. gambar relatif kecil

Selain program TV, dikenal juga program Televisi Siaran Terbatas ( TVST ). Kelebihan TVST sebagai media pendidikan antara lain :
1. dapat dikontrol guru
2. dapat memanfaatkan sumber-sumber daerah dan kepentingan
3. memberi kesempatan yang sama kepada muid-murid sekolah
4. membuat guru menjadi bagian suatu tim belajar mengajar.
5. membantu mengatasi problem kekurangan guru bermutu
6. dapat melatih guru meningkatkan kemampuan profesi

i. Video

Media audio-visual yang menampilkan gerak, semakin lama semakin populer di masyarakat. Kelebihan video :
1. dapat menarik perhatian untuk periode-periode yang singkat
2. dengan alat perekam pita video sejumlah besar penonton memperoleh informasi dari ahli-ahli/spesialis
3. menghemat waktu
4. bisa mengamati lebih dekat objek yang sedang bergerak

j. Permainan dan simulasi

Permainan ( games ) adalah setiap kontes antara para pemain yang berinteraksi satu sama lain dengan mengikuti aturan tertentu untuk mencapai tujuan tertentu pula. Setiap permainan mempunyai empat komponen utama yaitu :
1. adanya pemain
2. adanya lingkungan dimana para pemain berinteraksi
3. adanya aturan main
4. adanya tujuan tertentu yang ingin dicapai

Simulasi adalah suatu model hasil penyederhanaan suatu relaitas. Permainan simulasi mempunyai kelebihan antara lain :
1. sesuatu yang menyenangkan dan menghimbur
2. memungkinkan partisipasi aktif siswa
3. memberikan umpan balik
4. memungkinkan penerapan konsep-konsep
5. bersifat luwes
6. dapat dengan mudah dibuat


0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com